'/> Pengertian Perbedaan Komponen Aktif Dan Komponen Pasif (Khusus Pemula) -->

Info Populer 2022

Pengertian Perbedaan Komponen Aktif Dan Komponen Pasif (Khusus Pemula)

Pengertian Perbedaan Komponen Aktif Dan Komponen Pasif (Khusus Pemula)
Pengertian Perbedaan Komponen Aktif Dan Komponen Pasif (Khusus Pemula)
penting untuk pemula dalam mempelajari jenis komponen aktif maupun pasif Pengertian Perbedaan komponen Aktif dan Komponen Pasif (khusus pemula)

Pengertia ,Perbedaan komponen aktif dan komponen pasif - Dalam dunia elektronika, komponen elektronik sangat penting untuk dipahami bagaimana komponen tersebut bekerja beserta fungsinya.

Komponen elektronik merupakan sebuah benda pendukung suatu rangkaian elektronik yang sanggup bekerja sesuai dengan kegunaannya.

Mulai dari yang rangkai pribadi pada papan rangkaian, PCB, CCB, Protoboard maupun Veroboard dengan cara disolder atau tidak melekat pribadi pada papan rangkaian (dengan alat penghubung lain, contohnya kabel).

Pada bab pembelajaran elektronik dasar bisanya timbul istilah jenis komponen aktif dan komponen pasif,, kemudian apa perbedaan istilah jenis komponen tersebut?
Mari Kita bahasa lebih lanjut. 


Komponen elektronik ini terdiri dari dua jenis komponen elektronik yaitu komponen aktif dan pasif, yang terdiri dari beberapa unsur bahan untuk didesain rangkaian yang diinginkan sanggup berfungsi sesuai dengan fungsi masing-masing komponen, ada yang untuk mengatur arus dan tegangan, meratakan arus, menyekat arus, memperkuat sinyal arus dan masih banyak fungsi lainnya.

Pengertian komponen aktif dan pasif
Secara bahasa istilah aktif berarti bekerja, jadi komponen aktif diartikan komponen yang bekerja menggerakkan ,menguatkan, sebuah arus listrik. Namun bila tidak dialiri arus listrik maka komponen tidak berfungsi. Ini berbanding terbalik dengan komponen pasif.
Komponen pasif meskipun tidak dialiri arus listrik maka, komponen pasif bekerja sebagaimana mestinya. Dalam kerjanya, komponen pasif bersifat, menahan, menyimpan, memfilter arus listrik.

Contoh komponen aktif :
  • Transistor 
  • Dioda
  •  Ic (integrated circuit) 

Contoh Komponen pasif
  • Resistor
  • Induktor
  • Trafo  
  • Kondensator 

Komponen aktif dan pasif bila dirangkaian saling bekerja sama. Bisa digambarkan bahwa didalam suatu rangkaian elektronik jenis komponen aktif akan didukung oleh komponen pasif. Karena intinya keduanya ialah kerja sama yang solid untuk mengatur suatu arus dan sinyal dalam suatu rangkaian elektronik.

Itulah citra singkat mengenai pemahaman pengertian komponen aktif dan pasif dalam dunia elektronika.

Salam sukses"!

Untuk lebih jelasnya sanggup buka di wikipedia

Advertisement

Iklan Sidebar