'/> Cara Gampang Merakit Jack Xlr 3 Pin Yang Benar -->

Info Populer 2022

Cara Gampang Merakit Jack Xlr 3 Pin Yang Benar

Cara Gampang Merakit Jack Xlr 3 Pin Yang Benar
Cara Gampang Merakit Jack Xlr 3 Pin Yang Benar

Soldiradem blog - dalam dunia sound system tugas kabel input sangat berperan penting untuk menghasilkan produksi bunyi tanpa adanya gangguan. Maka dari itu pembuatan jak dan soket sangat penting terutama jack jenis xlr 3 pin yang sering berfungsi sebagai pengimput mic ke mixer.

Namun terkadang dalam banyak sekali macam kesempatan masih saja menemui kesalahan dalam merakit kabel xlr.

Yang pernah aku temui ialah dikala jack xlr 3 pin streo dihubungkan dengan jak toa mono. Jika diterapkan kedalam mixer streo maka hal ini dapat menjadikan gangguan hum yang begitu mengganggu. Bahkan kabel dan jack tersebut tidak dapat dipakai lagi.

Untuk itu supaya tidak salah kaprah dalam hal medakit jak xlr maka harus menjadi perhatian supaya tidak terjadi cacat produksi audio.

Agar lebih mudah, yang harus diingat yaitu:

Pada jack xlr biasanya terulis nomer urut pada masing masing soket dan jack. Untuk itu supaya tidak salah perlu di ingat.

No pin
1 ground
2 in signal 
3 in return

Jika ingin memasang secara mono maka berbeda dengan stereo dalam perakitan.

Perbedaan perakitan jck xlr setreo dan mono hanya terletak pada no pin 1&3_ dimana dikala ingin merakit secara mono maka pin 1 dan 3 harus terhubung. Artinya, ground dihubungkan dengan return in. Dan pin 2 sebagai signal kasatmata .

Dan jikalau ingin merakit secara streo maka masing-masing pin terhubung dengan 3 kabel dan dihentikan salah urutanya.

Pin1 ground
Pin2 input signal A
Pin 3 input signal b

Dan dihentikan tertukar antar pin soket dan pin jack supaya tidak terjadi gangguan.

Bagi yang ingin merakit dihubungkan dengan jack toa mono maka pin 2 sebagai penghubung input ,dan pin 1&3 terhubung dengan ground. Hal ini biasanya diaplikasikan pada mikrofon yang akan di hubungkan dengan speaker aktif dan mic toa.

Perakitan jack harus diperhatikan dengan seksama dan ketelitian dalam hal penomoran supaya tidak terbalik antar nomer pin jack laki dan perempuan.

Kualitas solderan juga memilih dalam hal gangguan. Solderan yang terlalu usang memanasi jack maka dapat jadi isolator plastik meleleh, sehingga menjadikan jack tidak setabil goyang. !

Dan pastikan tidak ada serabut kabel yang melekat ke pin lainya meskipun hanya satu rambut.  Hal ini sering menjadikan kabel kadang mati kadang hidup. Untuk itu teliti sebelum menutup jak sesudah final menyolder kabel.

Demikian cara merakit jack xlr Semoga bermanfaat!

Advertisement

Iklan Sidebar