'/> Cara Cepat Memperbaiki Ic Vertikal Jebol Terus -->

Info Populer 2022

Cara Cepat Memperbaiki Ic Vertikal Jebol Terus

Cara Cepat Memperbaiki Ic Vertikal Jebol Terus
Cara Cepat Memperbaiki Ic Vertikal Jebol Terus
 Berbagai keluhan permasalahan pada tv salah satunya rusaknya pada belahan  Cara cepat memperbaiki Ic Vertikal Jebol Terus
ic vertikal
Soldiradem blog - Berbagai keluhan permasalahan pada tv salah satunya rusaknya pada belahan ic vertikal mati terus ,terbakar,, bahkan hingga meledak atau pecah. Tentu hal ini menjadi tatantangan terendiri sebagai teknisi bagaiman cara menangani ic vertikal mati terus meski sudah diganti dengan yang gres pula.

Tidak heran kalau sebagian teknisi sangat kesulitan menangani hal ini. Lantas apa saja penyebabnya sehingga menciptakan pusing.?

Sebagai seorang pemula, sayapun pada awalnya juga kesulitan menangani kerusakan yang satu ini. Namun saya terus bereksperimen untuk mendapat pengalaman gres ini. Meski harus berkorban beberapa ic vertikal hanya untuk kebutuhan experimen.

Gejala awal yang sering dialami vertikal pecah yaitu secara tiba-tiba layar bergetar, memanjang arah atas dan bawah, timbul ledakan dan kepulan asap yang berasal dari ic vertikal dan elco. 

Kemudian protek standby bahkan hingga mati total.

Langkah awal menangani perkara rumit ini yaitu mencopot ic vertikal yang terbakar dan mengamati casis TV yang bekerja di belahan blog vertikal. Agar nanti tidak merembet ke belahan lainya.
Kemudian sehabis mencopot ic coba nyalakan TV. Ada dua kemungkinan antara TV standby dan dan mati total.

Keadaan akan parah apabila TV sudah mengalami tanda-tanda mati total, lantaran shortnya ic vetikal berdampak terhadap blog regulator atau power suply.

Tentu kalau ini sudah terlanjur terjadi maka kita harus memperbaiki blog regulator terlebih dahulu.
Dalam beberapa perkara yang saya alami kalau TV mati total di sebabkan komponen aktif short menghantam regulator berdampak pada demper /transistor pembangkit tegangan regulator. Dan bagi 
TV yang ic nya disuplai oleh flyback maka sanggup juga transistor horizontal short.

TV hanya standby ketika ic sudah diambil, ini akan terjadi di beberapa jenis merek TV yang menanam kan sistim protek. Hal ini ditandai dengan tegangan kalau diukur memakai VOLT M DC hilang semua atau drop dan hanya lampu indikator stanby menyala. Jika di nyalakan memakai remot ,tegangan sesaat normal.

Berikut yaitu beberapa ppenyebab ic vertikal TV jebol terbakar pecah secara terus menerus.

1. Tegangan ic vertikal naik drastis

Kenaikan tegangan terjadi disebabkan oleh Sumber tegangan ic vertikal disuplai. Sehingga ini tergantung bagaimana masing-masing merek TV bekerja. Misalnya polytron yang ic vertikalnya disuplai tegangan dari output flybac. Dan beberapa merek yang ic vertikalnya disuply pribadi dari regulator terutama TV china.
Baca juga:polytron u slim ic vertikal jebol terus

Maka di sini langkah perbaikan pun terang darimana asal muasal kerusakan ic vertikal yaitu kenaikan tegangan pada penyuplay ic, sehingga langkah penanganannya mencari penyebab tegangan penyuplai ic vertikal naik drastis.

Pada ic vertikal yang bekerja disuplai tegangan berasal dari flyback, maka pertama ukur tegangan output dai flyback . Jika tegangan hadir begitu tingginya,, yaitu melebihi 27 volt itu Sudan terdeteksi tegangan out tegangan flyback menyebabkan ic tebakar. Nah dibalik naiknya tegangan inilah yang menjadi kacau dalam beberapa perkara yang terjadi bahwa ini disinyalir bahwa blog horizontal yang bermasalah. Karena kenaikan tegangan pada output flyback kadang disebabkan oleh shortnya kapasitor resonan telah short. Namun perkara ini jarang terjadi kalau transistor horizontal masih dalam keadaan baik.

Naiknya tegangan b+,,,115 v penyuplai flyback juga ikut nimbrung dalam dilema ini ,maka jangan hingga melewatkan pengukuran tegangan ini.
Jika penanganan pada tegangangan tidak membuahkan hasil sanggup mengganti flyback atau sanggup juga menciptakan tegangan buatan dengan cara memanfaatkan farrit pada flyback yang dililit dengan kabel sehingga menghasilkan tegangan normalnya penyuplay ic vertikal.

2. Komponen pendukung short

Tentu hal ini juga salahsatu penyebab ic vertikal rusak,, terbukti waktu itu saya pribadipun mengalami hal yang tidak terduga ic vertikal jebol terus ternyata defleksi yoke terbakar sehingga menyebabkan short pada ic vertikal.

Elco juga sanggup mempengaruhi ketidaksetabilan tegangan ,sehingga sanggup berakibat pada ic vertikal bekerja pincang. Akhirnya iv lelah dan meledak.

Pernah ngalamin insiden dimana ic vertikal terbakar disebabkan oleh dioda penyearah bocor sehingga menyebabkan arus ac mengalir bebas di blog vertikal. Hal ini ditandai oleh elco yang meledak. Maka penanganan kalau menemui elco meledak, periksa dioda penyearah belahan penyuplay ic vertikal.


Keberuntungan kadang juga terjadi pada ic vertikal hanya mati lantaran lelah bekerja sehingga hanya mengganti ic dengan yang gres pribadi cling.

Kesimpulan
Bahwa ic vertikal yang jebol terus disebabkan oleh tegangan naik asing dan juga komponen pendukung ic sehingga langkah perbaikan sebaiknya dilakukan dengan memulai dengan tegangan gres lalu menuju komponen pendukung nya.
Thanks
Advertisement

Iklan Sidebar