'/> Budaya Baca Indonesia Tertinggal Empat Tahun -->

Info Populer 2022

Budaya Baca Indonesia Tertinggal Empat Tahun

Budaya Baca Indonesia Tertinggal Empat Tahun
Budaya Baca Indonesia Tertinggal Empat Tahun
 harus kita kejar supaya tidak tertinggal lebih jauh lagi Budaya Baca Indonesia Tertinggal Empat Tahun
Kemampuan literasi kita jauh tertinggal dengan negara lain.
Budaya membaca dan literasi masyarakat Indonesia tertinggal empat tahun dibandingkan dengan negara maju. Hal ini dikatakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy ketika di Malang, Jawa Timur, Rabu.

"Kemampuan literasi kita jauh tertinggal dengan negara lain. Oleh sebab itu, harus kita kejar supaya tidak tertinggal lebih jauh lagi," kata Mendikbud.

Ketertinggalan yang dikala ini dialami bangsa Indonesia, menurutnya, harus dikejar dengan Undang Undang (RUU) Sistem Perbukuan 2017 dan diubahsuaikan dengan situasi dan kondisi seluruh wilayah di Indonesia.

Baca juga: Program 15 Menit Membaca Buku Sebelum Pelajaran

Oleh sebab itu, ia mengemukakan, perkara perbukuan dan literasi sangat mendesak sekaligus harus diluruskan, serta harapannya RUU tersebut segera disahkan. Buku dan membaca penting untuk memperkokoh bangsa menuju Indonesia lebih baik.

Untuk mempercepat budaya literasi, Kemendikbud akan membangun budaya literasi dari wilayah pinggiran, melaksanakan gerakan literasi dan membaca, membagi buku ke wilayah tertinggal atau tempat terluar, terdepan dan tertinggal (3T) sampai waqaf buku.

"Harapan kami, pada tahun ini persoalan-persoalan disparitas literasi dan kemampuan siswa di seluruh Tanah Air bisa merata dan tuntas," kata Mendikbud yang kutip dari Antara (23/03/17).
Advertisement

Iklan Sidebar