'/> Cara Merumuskan Indikator Pada K13 Revisi Terbaru -->

Info Populer 2022

Cara Merumuskan Indikator Pada K13 Revisi Terbaru

Cara Merumuskan Indikator Pada K13 Revisi Terbaru
Cara Merumuskan Indikator Pada K13 Revisi Terbaru
Dalam merumuskan indikator pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran  Cara Merumuskan Indikator Pada K13 Revisi Terbaru
Perumusan indikator pencapaian kompetensi pada Kurikulum 2013 memakai kata kerja operasional (KKO) yang sanggup diukur.
Setelah mengalami revisi, perumusan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) pada Kurikulum 2013 (K13) menjadi bab penting. Untuk mencapai titik kompetensi dasar sesuai dengan sasaran guru pada acara mencar ilmu mengajar, maka dibutuhkan indikator pencapaian . Dalam merumuskan indikator pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) ada kaidah-kaidah yang harus di cermati.

Menurut Mulyasa (2007:139), indikator ialah sikap yang sanggup diukur dan/atau diobservasi untuk mengatakan ketercapaian kompetensi dasar (KD) tertentu yang menjadi contoh evaluasi mata pelajaran. Fungsi indikator ialah untuk membuatkan materi pembelajaran atau materi ajar, mendesain acara pembelajaran, dan merancang dan melakukan evaluasi hasil belajar.

Ketentuan Perumusan Indikator Pencapaian Kompetensi

1. Indikator dirumuskan dari KD

2. Menggunakan kata kerja operasional (KKO) yang sanggup diukur

3. Dirumuskan dalam kalimat yang simpel, terang dan gampang dipahami.

4. Tidak memakai kata yang bermakna ganda

5. Hanya mengandung satu tindakan.

6. Memperhatikan karakteristik mata pelajaran, potensi & kebutuhan akseptor didik, sekolah, masyarakat dan lingkungan/daerah.

Untuk indikator dianalisi menurut tingkat aspek UKRK (urgensi, keterkaitan, relevansi, dan keterpakaian) kompetensi pada KD. Benjamin S. Bloom dan kawan-kawannya beropini bahwa pengelompokkan tujuan pendidikan itu harus senantiasa mengacu kepada tiga jenis domain yaitu: proses berfikir (kognitif), sikap (afektif), dan keterampilan.

Contoh Rumusan Indikator Sesuai Taksonomi Bloom

Muatan Pelajaran: PKn (Buku Guru Kelas 1, Tema 6, Sub Tema 1, Pembelajaran 1, Hal:3)

KD: 3.2 Mengidentifikasi hukum yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari dirumah.

Mengidentifikasi = C1 ( Mengingat ) Taksonomi Bloom

Indikator:
3.2.1 Menyebutkan hukum yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
3.2.2 Menjelaskan hukum yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
3.2.3 Mengidentifikasi hukum yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
Advertisement

Iklan Sidebar