'/> Penyebab Kipas Angin Lambat Berputar -->

Info Populer 2022

Penyebab Kipas Angin Lambat Berputar

Penyebab Kipas Angin Lambat Berputar
Penyebab Kipas Angin Lambat Berputar

Penyebab kipas angin lambat berputar - Sebagai kebutuhan harian, kipas angin akan mengalami kerusakan, lantaran kerjanya dengan sistim dinamo. yangmana kita tahu bahwa dinamo mempunyai kelemahan mengeluarkan panas. sehingga ini menjadi salah satu faktor kerusakan kipas angin.

Salah satu persoalan kerusakan sering terjadi pada kipas angin yaitu putaran kipas menjadi lambat meski sudah diatur pada level tertinggi sekalipun. Atau kadang sehabis mengatur pada level tertinggi namun putaran masih saja lambat maka ini harus tidak boleh lantaran ini membahayakan dinamo menjadi panas belebih sehingga dinamo terbakar maka tidak akan sanggup di perbaiki lagi.

Berikut ini beberapa penyebab kipas angin berputar lambat.

1. Thermostate
Sistim kerja pada beberapa kipas angin memakai thermostate sebagai sensor panas. Ini berfungsi ketika dinamo sudah berputar usang termostat ini akan mengalamai kenaikan impedansi sehingga arus yang mengalir ke dinamao berkurang sesuai dengan kapasitasnya. Namun apabila thermostat rusak akan mengalami kenaikan impedansi yang tinggi sehingga kipas menjadi lambat.

2. As dinamo
As dinamo juga merupakan salah satu penyebab kipas angin lambat berputar. Hal ini sering terjadi Pada kipas angin yang jarang digunakan. Karena kipas angin yang terlalu usang menganggur akan mengalami diserang karat pada laker. Sehingga putaran menjadi lambat atau kadang tidak sanggup di putar lantaran sudah terkunci oleh karat.
Untuk mengatasinya cukup dengan mengganti laker dinamo maupun cukup hanya melumasi dinamo dengan oil. 

3. Kapasitor
Hal paling sering menjadi penyebab kipas melambat berputar juga disebabkan oleh capasitor starter. Ini biasanya disebabkan capasitor mengalami penurunan kapasitasnya atau kering. Sehingga tidak sanggup menyetabilkan putaran dan ini mengakibatkan dinamao lambat berputar.

4. Spoel dinamao
Kerusakan dinamo bisanya ditandai dengan putaran melambat disertai dengung. Jika ini sudah terjadi maka akan sulit untuk diperbaiki. Bisa asalkan anda seorang yang mahir dalam melilit spoel dinamo. Atau kini ini sudah tersedia mesin kipas angin glondongan yang sudah siap dipasangkan menggantikan dinamo kipas yang rusak. Kalau dipikir secara segi efektifitas dibanding membeli kipas gres mungkin ini lebih ekonomis.

Itulah beberapa penyebab kipas angin lambat berputar. Semua sanggup diperbaiki asalkan buka dinamonya yang terbakar.
Sekian!
Advertisement

Iklan Sidebar