'/> Penyebab Bunyi Speaker Aktif Sumbar -->

Info Populer 2022

Penyebab Bunyi Speaker Aktif Sumbar

Penyebab Bunyi Speaker Aktif Sumbar
Penyebab Bunyi Speaker Aktif Sumbar
Penyebab bunyi speaker aktif sumbar - Mungkin anda mengalami permasalahan speaker aktif yang anda punya mengalami kelainan dalam hal suara. bunyi speaker berubah seiring berjalanya waktu. Hal yang sering terjadi pada speaker aktif ketika sudah lama yaitu sura sumbar pada ketika digeber pada level tinggi. Dan kadang ini disertai dengan bunyi kemresek  speaker ibarat ada sesuatu di dalam spoel.

Speaker aktif berubah itu wajar, lantaran dari beberapa pengalaman servis speaker aktif aku sendiripun mengelalami keluhan dari user salah satunya speaker aktif suaranya sumbar pada level tinggi terutama pada nada bas.
Suara bass seolah terpotong, dari bunyi aslinya yang seharusnya di keluarkan speaker.
Berikut aku akan sedikit mengembangkan apa saja penyebab speaker aktif bunyi menjadi sumbar.

1. Kualitas speaker
Speaker yang sering di sett dengan level tinggi akan mengalami penurunan peforma dari kualitas baru. Hal ini disebabkan oleh melemahnya pada pecahan membran speaker  atas dan bawah. Selain itu, ketika speaker mengalami penurunan kualitas biasanya disertai dengan spoel speaker ada yang terbakar. Sehingga impedansi menurun.
Dan kemudian ini akan menyebabkan bunyi menjadi pecah atau sumbar.

2. Kualitas komponen
Sebagian besar speaker  aktif yang beredar dipasar ketika ini menggunakqn power amplifier jenis ocl. Jenis ocl memang sangat multi untuk dipakai di beberapa speaker  berdaya rendah sekalipun. Namun ada kelemahan dari jenis ampli yang satu ini adalah, jikalau kerusakan terjadi pada salah satu komponen terutama pada pecahan transistor final, maka akan terjadi kerusakan yang fatal.
Sebagian, ketika ini memakai transisitor selesai jenis Tip 41,42 . hal ini bertujuan biar daya yang di hasilkan tidak berlebih dan lebih ekonomis.
Namun dalam kurun waktu yang cukup lama kualitas transistor menurun lantaran disebabkan kerja tr ini terlalu keras dan panas dalam jangka waktu yang lama. Bahkan kadang untuk menghandle dua speaker atau lebih. Ini mengapa speaker aktif akan cepat rusak.


3. Trafo
Dalam kurun beberapa tahun aku menemui kejadian yang mana trafo mengalami kerusakan pada speaker aktif. Hal ini terjadi pada speker aktif yang memakai trafo 3a sebagai power suplay. Kebanyakan ini terjadi kerusakan pada lilitan primer. Ini masuk akal lantaran trfo tersebut memakai coil spoel yang sangat kecil sehingga gampang terbakar pada suhu panas secara terus menerus. Sebelum trafo mengalami kerusakan maka akan mengalami penurunan arus yang dihasilkan oleh trafo. Kaprikornus masuk akal jikalau bunyi speaker menjadi sumbar lantaran arus yang menyuplai power amplifier berkurang.


#Tips
Jika mengalami kerusakan speaker aktif bunyi sumbar, meskipun sudah diganti dengan ampli gres masih sumbar berarti speakernya rusak. Kemudian jikalau speaker sudah siganti masih juga berarti power amplifier bunyi sumbar maka berarti powernya.



komponen power amplifier yang sering mengalami kerusakan menyababkan speaker aktif menjadi sumbar yaitu
Transistor selesai 41 42
Transistir driver c945 a733
Dioda bias 4148 
Elco ower suplay bocor
Trafo 
Penggunaan speaker luar



Semoga bermananfaat.
Advertisement

Iklan Sidebar