'/> Pengetahuan Wawasan Teknology Liquid Crystal Display [Lcd] -->

Info Populer 2022

Pengetahuan Wawasan Teknology Liquid Crystal Display [Lcd]

Pengetahuan Wawasan Teknology Liquid Crystal Display [Lcd]
Pengetahuan Wawasan Teknology Liquid Crystal Display [Lcd]
                                                   Pengetahuan Wawasan Teknology Liquid Crystal Display [LCD]
 
LCD [Liquid crystal display] atau dalam Bahasa Indonesia disebut dengan penampil kristal cair, merupakan teknologi media tampilan yang memakai kristal cair sebagai media penampil utama. Saat ini teknologi lcd sudah dipakai di banyak sekali perangkat elektronik, menyerupai tv, monitor computer, gajet, kalkulator dan masih banyak lagi. 

Perkembangan teknologi ketika ini perangkat elektronik sudah memakai model lcd, bahkan kini ini sudah dikembangkan lebih elok lagi. Beberapa alasan dikembangkan teknologi lcd ini yaitu memakan daya yang rendah, alasannya bentuknya slim tipis, sedikit mengeluarkan panas dan mempunyai resolusi gambar yang lebih baik.

Pada jenis lcd berwarna menyerupai tv, hp, dan monitor computer, terdapat banyak sekali titik cahaya dalam satu perangkat, terdiri dari sebuah sel kristal cair sebagai titik cahaya sebagai pantulan dari backlight untuk menampilkan gambar. Karena sebetulnya lcd sendiri tidak memancarkan cahaya sendiri, melainkan cahaya lcd berasal dari lampu penerangan yang terdapat di belakang atau sampingnya. Backlight memakai dua jenis yaitu jenis ccfl dan jenis led. Namun ketika ini yang berkembang yaitu jenis led alasannya konsumsi daya yang rendah.

Sistem kerja dari panel lcd secara sederhana

Dari satu perangkat panel lcd terdapat jutaan titik cahaya/pixel, inilah yang membentuk tampilan gambar. Kutub crystal cair akan berubah ketika dialiri arus alasannya dampak polaritas medan magnetic yang timbul jawaban dari arus yang berasal dari system sinyal perangkat elektronik. Sesuai sinyal yang dikirim ke panel lcd dari tcon dan mobo elektronik. Kemudian terbentuklah sebuah gambar tampilan jawaban dari polaritas cristal membiaskan cahaya dari backlight.

Makara lcd display dari perangkat elektronik jikalau hanya lcd tidak akan menciptkan tampilan tanpa adanya cahaya yang menyinarinya. Ini sangat penting dipahami semoga ketika menemui sebuah tanda-tanda tv lcd hanya gelap saja Namun ada bunyi akan sangat berkhasiat jikalau kita paham system kerja panel lcd secara sederhana.

Sedikit pemahaman mudah-mudahan sanggup menjadi suatu dasar dalam memperbaiki perangkat elektronik yang memakai teknologi panel lcd.
Advertisement

Iklan Sidebar