'/> Tips Menghadapi Perubahan Zaman Untuk Para Guru -->

Info Populer 2022

Tips Menghadapi Perubahan Zaman Untuk Para Guru

Tips Menghadapi Perubahan Zaman Untuk Para Guru
Tips Menghadapi Perubahan Zaman Untuk Para Guru
Inilah tips untuk guru dalam menghadapi perubahan zaman Tips Menghadapi Perubahan Zaman untuk Para Guru

Seorang guru harus siap dengan banyak sekali macam perubahan. Misalnya, ketika kurikulum berubah juga harus bisa menyesuaikan. Karena kurikulum bukan segala-galanya. Guru tetap menjadi penentu keberhasilan mencar ilmu mengajar. Hal yang masuk akal kalau awal itu terasa sulit, toh lama-lama akan juga menyesuaikan.

Akhir-akhir ini terjadi perubahan yang sangat cepat. Salah satunya perubahan dalam pemanfaatan hand phone (HP), serta gaya interaksi masyarakat lainnya mengakibatkan semua berubah. Era destruktif atau masa banyak gangguan. Inilah tips untuk guru dalam menghadapi perubahan berdasarkan Motivator nasional H Dwiyono Iriyanto MM CPC.

1. Menjadi problem solver

Sebenarnya ketika terjadi banyak perubahan zaman yang cenderung menjadikan problem baru, sangat perlu guru untuk menjadi problem solver. Guru bisa menunjukkan alternatif-alternatif untuk menuntaskan problem atau gangguan. Seorang guru tidak perlu praktis gupuhan dalam menghadapi banyak sekali macam perubahan.

2. Mengisi pikiran dengan hal-hal yang baik

Kolumnis Harian Republika ini menyampaikan kalau kita memasukan air teh ke teko, maka ketika kita akan menuangkannya ke gelas, yang keluar nanti niscaya ya akan air teh, ngak mungkin menjelma air putih, sama dengan manusia, bila menyerap gosip yang baik, maka yang dikeluarkan juga yang baik-baik.

3. Menjadi contoh dan menunjukkan inspirasi

Guru harus selalu meningkatkan potensi yang dimilikinya. Sudah saatnya guru bisa menunjukkan wangsit bagi siswa. Karena itu guru harus bisa menjadi teladan. Jangan sedikit-sedikit murka atau salah paham. Guru juga harus mengerti kondisi siswa yang mungkin persepsinya berbeda dengan kita.
Advertisement

Iklan Sidebar