'/> Mendikbud Kembali Ingatkan Guru Sd Harus Kreatif -->

Info Populer 2022

Mendikbud Kembali Ingatkan Guru Sd Harus Kreatif

Mendikbud Kembali Ingatkan Guru Sd Harus Kreatif
Mendikbud Kembali Ingatkan Guru Sd Harus Kreatif
Kegiatan mencar ilmu yang menyenangkan sekaligus mendidik Mendikbud Kembali Ingatkan Guru SD Harus Kreatif
Guru harus lebih berperan sebagai motivator, inspirator dan katalisator untuk memancing kreativitas siswa.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy menyampaikan guru harus kreatif menyebarkan metode untuk membangkitkan aktivitas, minat, dan semangat siswa untuk belajar. Ini terkait sistem pendidikan di tingkat SD (SD) akan mengalami perubahan cukup drastis.

Mulai tahun pedoman 2017/2018 mendatang, guru dan siswa SD wajib berada di sekolah selama 8 jam per hari, namun sistem bimbing dihentikan lagi semata-mata diisi dengan pinjaman mata pelajaran di ruang kelas. Dengan perubahan porsi kegiatan mencar ilmu ini, Mendikbud meminta biar para guru SD bisa melaksanakan penyesuaian.

"Dengan adanya perubahan ini, guru dihentikan lagi terlalu banyak ceramah di kelas. Namun guru harus lebih berperan sebagai motivator, inspirator dan katalisator untuk memancing kreativitas siswa," kata Mendikbud yang kutip dari Republika (29/04/17).

Para guru SD harus bisa mengubah kegiatan mencar ilmu di sekolahnya menjadi kegiatan mencar ilmu yang menyenangkan sekaligus mendidik. Bukan lagi diisi kegiatan pendidikan yang menciptakan siswa SD menjadi penat alasannya ialah dijejali kegiatan ceramah di depan kelas. Menurutnya jikalau pelajaran banyak gurunya yang ceramah yang akil gurunya bukan siswanya.

Baca juga: Beginilah Cara Jepang Memperlakukan Guru

"Di Jepang, banyak bawah umur yang bahkan tidak mau pulang ke rumah alasannya ialah di sekolah sudah merasa nyaman. Ini yang akan sedang kita dorong," kata mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang itu.
Advertisement

Iklan Sidebar