'/> Teknik Dasar Memperbaiki Smps Mati [Switch Mode Power Supply] -->

Info Populer 2022

Teknik Dasar Memperbaiki Smps Mati [Switch Mode Power Supply]

Teknik Dasar Memperbaiki Smps Mati [Switch Mode Power Supply]
Teknik Dasar Memperbaiki Smps Mati [Switch Mode Power Supply]

RANGKAIAN SMPS LCD TV
SMPS merupakan abreviasi dari Switch Mode Power Supply. Ada banyak sebutan untuk jenis smps yaitu power suplay, regulator, ac-matic. Makara kalau anda sedang mencari cara memperbaiki kerusakan smps sebuah perangkat bisa menghadirkan kata tersebut di kolom pencarian google. Namun harus disertakan dengan smps, alasannya yaitu kalau tidak menyebutkan kata smps bisa jadi, akan muncul jenis power suplay konvensional atau yang masih memakai trafo step down.


Memperbaiki sebuah sirkuit smps merupakan tantangan yang menarik untuk dilakukan, alasannya yaitu setiap teknisi mempunyai cara tersendiri bahkan belakang layar tersendiri dalam memperbaiki rangkaian power suplay jenis smps. Tidak semua teknisi mempunyai kemampuan untuk ini, dikarenakan terkadang sparpart untuk mengganti tidak tersedia dipasaran sehingga menentukan jalan cepat dengan cara membeli modul satu blok. Atau mempunyai teknik tersendiri untuk mengatasi smps bermasalah kalau tidak tersedia sparpart yang dibutuhkan. Misalnya sistim jumper pada sistim sejenis.


Mempelajari smps merupakan ilmu paling dasar dalam mereparasi perangkat elektronika. alasannya yaitu kini ini setiap perangkat elektronik memakai sistim smps pada catu daya yang di gunakan. Sehingga penting bagi pemula untuk mempelajari lebih lnjut. Bisa dipastikan bagi Seseorang bisa menguasai dalam memperbaiki smps bisa memperbaiki bliok yang lain. Karena intinya prinsipnya disini yaitu mengenai pengukura tegangan dan yang lainya. Sehingga sanggup menguasai pada blok yang lain alasannya yaitu sudah mempunyai dasar elektronik saat mempelajari smps.


Teknik sederhana dalam memperbaiki power suplay mati kita hadirkan sebagai langkah untuk pemula memperbaiki power suplay yang bermasalah pada tegangan atau bahkan tidak ada output power suplay


Perlu diketahui Pada dasarnya, semua fungsi catu daya hampir sama yaitu menghasilkan tegangan output untuk banyak sekali sirkuit sekunder. Setelah Anda tahu cara kerja catu daya, Anda akan mengetahui sisanya


Masalah power suplay smps sanggup terjadi di bab primer atau sekunder. Bahkan kalau ada beberapa dilema di bab blog diluar smps Misalnya terjadi short pada ic prosesor, catu daya mungkin tidak berfungsi atau hanya berkedip akhir korsletnya ic tersebut. Ada banyak metode pemecahan dilema catu daya; Saya akan menjelaskan salah satu teknik dasar cara saya wacana cara memperbaiki kerusakan smps. power supply saat akan diperbaiki apakah itu switching power supply tv atau power supply komputer Atx kita kenali jenis kerusakan power supply terlebih dahulu sebelum membuka casing. Masalah suplai daya sanggup dikategorikan ke dalam daya, daya output rendah, power supply mati kadang mati kadang hidup, power blink dan tegangan output lebih tinggi abnormal. Ini untuk memastikan mengenali tanda-tanda bab blok yang bermasalah.


Teknik dasar memperbaiki smps mati total


Apapun masalahnya, memakai metode mekanisme standar untuk mengujinya.


-Periksa sakelar on / off, sekering dan lepaskan filter besar kapasitor-jika sekering terbakar menjadi warna gelap, ini menerangkan korslet berat di bab catu daya. Ini bisa jadi dioda bridge yang short, transistor daya short atau bahkan ic daya terjadi korsleting. Terkadang diluar dugaan, bahwa kumparan primer korsleting pada transformator daya mode sakelar sanggup terjadi. Jika sekering hanya putus biasa [tidak terbakar], mungkin sekering rusak dengan sendirinya alasannya yaitu sekering sudah berumur atau usang. Sebagian besar, hanya mengganti sekering akan memecahkan tanda-tanda tidak ada tegangan pada power suplay.


-mengukur dioda sekunder bekerja. Anda sanggup mengecek satu persatu agaryakin tidak ada yang short salah satu pun. Ini penting untuk dilakukan biar tidak kebingungan kalau ada satu yang terlewatkan pada mekanisme servis.


- kalau anda memperbaiki sebuah perangkat tv kerusakan smps tidak adadaya ditandai sekering putus parah, ini bisadiakibatkan oleh B+ dan transistor horizontal output. Kemungkinan terjadi over tegangan b+, transistor horizontal short, flaybac bermasalah.


-Periksa semua kapasitor elektrolitik dengan esr tester di bab primer dan sekunder


- kalau ada beberapa perubahan nilai kapasitor elektrolit di bab catu daya, (baik tempat primer atau sekunder) catu daya akan berkedip, menghasilkan daya output rendah atau sama sekali tidak ada daya.


-Periksa gulungan utama transformator daya mode sakelar dengan tester flyback. Periksa juga lilitan primer flyback, b + gulungan kumparan dan gulungan yok horizontal kalau Anda memperbaiki tv crt. Salah satu korsleting dari komponen tersebut sanggup mengakibatkan listrik mati, berkedip, dan bahkan tidak ada tegangan sama sekali.


Jika Anda telah mengkonfirmasi bahwa sisi sekunder semua komponen tidak ada yang short, maka yang perlu Anda lakukan yaitu menguji dan mengganti semua komponen di bab primer. Di sinilah keterampilan pemecahan dilema Anda yang bahu-membahu diperlukan. Memahami dan mengetahui cara menguji komponen elektronik dasar sangat penting kalau tidak, Anda akan menghadapi kesulitan dalam menemukan kerusakan. Jika Anda gres di bidang perbaikan elektronik ini, saya sangat menyarankan Anda menyelidiki setiap komponen satu persatu dalam rangkaian catu daya dan sehabis Anda menguasainya, Anda sanggup menemukan kesalahan dengan pengujian tegangan atau bahkan mengidentifikasi kesalahan pada blok bab lainya.


Penting biar tidak kecolongan!!


Setelah Anda menuntaskan seluruh pengujian komponen dan sudah mengganti bagian-bagian yang diperlukan, Anda harus menyalakan catu daya dengan memakai bohlam 100-watt yang terhubung dengan sekering. [ antar kaki sekering] putuskan pada jalur penting pada sekunder. Terutama pada beban berukuran volt besar.


Jika lampu bohlam sangat terang dan tidak akan padam bahkan sehabis beberapa menit, maka masih ada dilema dalam catu daya. Jika bohlam menjadi redup atau mati, Anda tahu bahwa korsleting itu telah teratasi dan Anda kini sanggup menyalakan power supply dengan yakin tidak ada keraguan takut mati lagi.


Jika Anda ingin menjadi hebat dalam perbaikan power suplay, Anda harus berlatih, membaca dan memahami sepenuhnya wacana komponen elektronik dasar dan catu daya bekerja. tanamkan pengetahuan wacana catu daya smps di pikiran dan tangan Anda, saya percaya, tidak akan ada dilema catu daya yang terlalu sulit bagi Anda untuk diperbaiki.


Semoga bermanfaat!!!
Advertisement

Iklan Sidebar