'/> Servis Tv Sharp Universe 14U25 Mati Total -->

Info Populer 2022

Servis Tv Sharp Universe 14U25 Mati Total

Servis Tv Sharp Universe 14U25 Mati Total
Servis Tv Sharp Universe 14U25 Mati Total
SERVIS TV SHARP UNIVERSE 14u25 Mati Total - Sudah sekian usang tidak jimpa dengan servisan tv sharp. Namun kadang saya merasa kesulitan saat menemui servisan tv sharp. Kali ini saya menerima TV SHARP UNIVERSE 14u25 mati total. Tidak ada tanda kehidupan dari dalam tv. Bahkan lampu indikator tidak menyala sedikitpun.

Dalam fikiran saya sudah menebak-nebak mudah-mudahan tv sharp ini mati, dengan kerusakan pada area regulatornya saja. Karena saya agak ngeri jikalau kerusakan telah hingga pada titik protek. Yang saya takutkan ialah tv mati total saat sudah mau menyala tv tersebut malah merambah ke titik protek. Maka Pengerjaan akan sedikit memakan waktu. Terlebih ini merupakan servis paggilan. Jika tidak jadi satu kali servis maka akan rugi.

Tv saya buka.

Pertama yang saya ukur ialah pada pecahan elco besar pada pecahan power suplai. Ini untuk memastikan bahwa tidakadamuatan yang tersimpan pada elco 400v tersebut. Ternyata elco tersebut masih menyimpan muatan yang cukup besar sekitar 200 volt. Untuk itu, saya Perlu membuang muatan tersebut dengan cara memakai charger hp. Saya tidak mengshortkan kedua kaki pada elco tersebut sebab biasanya jikalau dilakukan shorting secara eksklusif akan merusak komponen di sekitarnya terutama ic str dan transistor. 

Power suplai Tv sharp universe mati total masih menyimpan tegangan mengambarkan ada komponen yang putus pada jalur positif elko. Terutama resistor, mengecek dari urutan pada jalur kaki plus elco cek satu persatu ternyata masih normal semua.

Kesimpulan terakhir saat tidak ada jalur plus elco tidak ada yang putus, saya memutuskan untuk mengganti ic str f6653. Seperti pengalaman sebelumnya jikalau resistor pada jalur+, tidak ada yang molor atau putus elco tidak akan menyimpan muatan. Jika masih menyimpan muatan, berarti ic mati sehingga muatan tidak terbuang sehabis tv mati.


Ic saya ganti dengan yang gres kemudian, Tv coba saya nyalakan, dengan transistor horizontal tidak saya pasang takut ada ketrusakan yang lebih parah. Tv menyala namun protek. Mungkin sebab transistor horizontal tidak terpasang.

Tes dengan transistor terpasang, tv normal tanpa cacat sedikitpun dan senangnya lagi tanpa protek.
Alhamdulilah kali ini tidak ada kendala yang berarti pada serivi panggilan kali ini sebab kebetulan sekali saya mempunyai stok ic str f6653 dan f6654 saya memakai f6654. Dengan seri yang lebih tinggi mungkin sanggup awet. Kerusakan tv sharp unvierse mati total ini tertangani dengan mudah. Kasus slasai!!!

Advertisement

Iklan Sidebar