'/> Penyebab Tv Crt Layar Bergambar Pelangi -->

Info Populer 2022

Penyebab Tv Crt Layar Bergambar Pelangi

Penyebab Tv Crt Layar Bergambar Pelangi
Penyebab Tv Crt Layar Bergambar Pelangi
Penyebab layar bergambar pelangi - Tv dengan kerusakan layar bergambar pelangi sangat sering kita jumpai. Hal ini sangat mengganggu warna orisinil yang dihasilkan oleh gambar. Tentu hal ini sangat tidak nyaman untuk ditonton.

Kerusakan layar tv berwarna pelangi biasanya dikaitkan dengan terkena magnet. Anggapan ini memang benar. Karena tabung crt sangat sensitive tehadap medan magnet. Jika terkena medan magnet, tv akan mengalami pergeseran phosphor yang tidak normal.

Namun kalau disekitaran tv tidak ada medan magnet kemudian pa penyebabnya? nah inilah yang akan kita bahas.

Dalam duduk perkara ini dibagi menjadi beberapa penyebab diantaranya:

1.    Terkena gangguan magnet dari luar
2.    Dan disebabkan lantaran ada keruskan komponen pada sistem pengendali magnet atu sering kita kenal dengan rangkaian degaussing.

Kedua penyebab tersebut sangat berkaitan erat.

Sebenarnya aku pernah menulis artikel terkait dengan topik layar berwarna pelangi, yang terjadi pada tv polytron. namun keruskan pada tv tersebut terjadi lantaran ada kerusakan pada vertikal tv sehingga tv polytron hanya Nampak gelap layar pelangi……….lanjut

Kali ini kita akan bahas mengenai tv menyala normal namun layar berwarna-warni menyerupai pelangi.

1.    Terkena magnet dari luar

Kerusakan ini biasanya terjadi akhir disekitaran tv terdapat speaker aktif atau perangkat yang memakai magnet. Sehingga menarik structure phosphor warna yang terdapat pada crt. Sebenarnya kalau ini yang terjadi gampang saja cara menangani nya. Yaitu dengan cara menjauhkan tv dari medan magnet dengan kata lain yaitu memindah speaker jauh dari tv. Jika sudah, kini matikan tv standby kemudian nyalakan. Jika rangkaian tidak mengalami kerusakan maka imbas medan magnet tadi akan hilang secara perlahan. Namun kalau terjadi kerusakan pada mesin tv cuilan dalam biasanya ini akan susah hilang. Salah satu jalan yaitu dengan mengemblikan structure phosphor denga cara memakai magnet dengan cara ditarik maupun di jauhkan hingga structure phosphor menjadi hilang. Jika tidak teratasi kita melangkah ke cuilan berikutnya.

2.    Kerusakan pada rangkaian degaussing

Lilitan degaussing melekat pada body crt yang biasanya ditandai dengan melingkar menyerupai kabel yang dibungkus solasi. Kerusakan pada ptc biasanya terjadi pada beberapa merek tv contohnya polytron lg sharp dan sejenisnya keluaran baru/slim. Tanda kerusakan dari rangkaian degaussing yaitu ketika tv dinyalakan Nampak layar berwarna pelangi padahal disekitaran tidak ada perangkat magnet. Jika rangkaian degaussing normal hal tersebut perlahan akan hilang. Namun kalau rangkaian tidak hilang maka rangkaian  degaussing tersebut tidak normal atau rangkaian memang benar tidak bekerja.

Cara memperbaiki layar pelangi pada tv rt ya disebabkan lantaran rangkaian degaussing tidak bekerja.

Perlu anda ketahui bahwa pada ketika rangkaian degaussing tidak bekerja tv diletakan diatas Tanah secara eksklusif akan menjadikan layar berwarna pelangi. Hal ini aku buktikan pada beberapa tv slim terutama tv polytron.

Degaussing tidak bekerja ada dua kemungkinan yaitu ptc rusak dan degaussing putus.

•    Pertama cek degaussing
Harus menyambung antara ujung dengan ujung dan mempunyai hambatan. Jika tidak menyambung ketika diets maka kemungkinan lilitan degaussing putus

•    Kedua cek ptc. Pada ptc yang normal biasanya mempunyai impedance sekitar 18-ohm atau tergantung tip yang digunakan. Namun kalau ptc tidak ada respond ketika dicek memakai multi ohm maka sanggup jadi ptc menjadi penyebab keruskan. Ptc rusak juga ditandai dengan short contohnya pada ketika tv dinyalakan mcb eksklusif anjlok. Ini akan timbul ledakan pada komponen ptc.


Suatu hari aku menerima job mengganti mesin china pad sebuah tabung bekas monitor komputer. Ternyata crt tersebut terjadi kerusakan pada defleksi yoke. Saya iseng mengganti yoke dengan yoke tv biasa berukuran sama namun mempunyai impedance yang berbeda. Hl ini ternyata tidak berhasil lantaran gambar yang dihasilkan malah berwarna warni yang campur aduk tidak karuan. Dari sini kita sanggup mengambil pesan yang tersirat /pelajaran bahwa defleksi yoke juga menjadi salah satu penyebab layar tv bergambar pelangi.

Ini bukanlah panduan namun hanya shering saja supaya sanggup menjadi refrensi untuk kita sanggup memperbaiki tv denga keruskan layar bergambar pelangi. Sampai sini dulu mungkin bila ada pertanyaan Silahkan postkan komentar.BACA JUGA ; cara menangani crt blur

Advertisement
Previous
This Is The Oldest Page

Iklan Sidebar