'/> Fungsi Capasitor Pada Tweeter -->

Info Populer 2022

Fungsi Capasitor Pada Tweeter

Fungsi Capasitor Pada Tweeter
Fungsi Capasitor Pada Tweeter
 kali ini soldiradem blog akan membahas Seputar capasitor pada tweeter FUNGSI CAPASITOR PADA TWEETER

FUNGSI CAPASITOR PADA TWEETER - kali ini soldiradem blog akan membahas Seputar capasitor pada tweeter.

Apa fungsi pada capasitor tweeter?
Dalam bidang audio kita niscaya tidak absurd lagi dengan istilah twitter atau sering kita kenal dengan tribble. Dalam dunia audio biasanya renge frekuensi dibagi menjadi beberapa nama yakni low mid bass dan tribble.

Nah kali ini kita akan membahas Seputar tweeter. Tweeter sangat penting peranannya dalam mengeluarkan nada tinggi atau Hight. Sehingga bila trible tidak ada, frekuensi akan hilang pada suatu renge high.

Komponen tweeter pada bab input load speaker akan ada jenis capasitor yang berfungsi sebagai crossover pasif atau bila memakai satu box seiring dipakai crossover pasif yakni low mid dan high. dan tweeter memakai nada high pada sistem pembagi crossover pasif.

Secara umum fungsi dari capasitor pada tweeter berfungsi memotong frekuensi rendah pada suatu suara. Fungsi tweeter mengeluarkan nada tinggi sehingga bila terkena nada bass maka speaker tweeter biasanya akan pribadi mati atau tidak tahan lama. sehingga penting untuk kita memilih ukuran capasitor pada tweeter. bila ingin tweeter menghasilkan nada tinggi yang anggun dan tweeter dapat awat.

Dalam memilih ukuran capasitor sebuah tweeter kita harus mengetahui range frekuensi pada komponen tweeter yang akan kita pasang gres kita dapat memilih berapa ukuran yang Aman dan pas untuk tweeter tersebut.

FUGSI CAPASITOR TWITTER
Secara sederhananya begini, Semakin kecil angka capacitor maka semakin tinggi frequency yang dilewatkan oleh capacitor, dan sebaliknya semakin besar ukuran capasitor maka semakin rendah frekuensi yang dilewatkan capacitor ke tweeter.
Kemungkinan pengaplikasikanya tweeter di gunakan dalam beberapa perangkat menyerupai penggunaan pada audio Mobil, speaker aktif, dan profesional sound sistem.

1.    Penggunaan tweeter dalam audio Mobil
Tweeter pada audio kendaraan beroda empat biasanya sudah dilengkapi dengan capasitor dari pabriknya sehingga tidak perlu lagi menambahkan capasitor sebagai crossover. Namun ada juga yang belum memakai capasitor.

2.    Penggunaan pada speaker aktif
Pada speaker aktif biasanya memakai capasitor berukuran 1uf 50v atau elko. Ini seringkali dipakai alasannya suaranya pas sesuai dengan spesifikasi load speaker yang digunakan. Seperti contohnya memakai twitter merek acr tipe PCT-2500. Menggunakan elko 1 uf 50v kondusif twitter tahan lama, namun bunyi yang dihasilkan sangat tipis, bila ingin nada lebih rendah dapat diganti dengan 2,2 uf misalnya, dengan konsekwensi twitter tidak tahan lama. namun juga tegantung tone control sebagaiman pengaturan nada yang baik akan mendukung kerja load speaker speaker aktif tetap awet.

3.    Penggunaan dalam high power/profesional audio sound

Suara yang lepas pada nada high sangat diperlukan pada sound sistem semoga bunyi seimbang dengan nada mid dan low. Penentuan capasitor pada tweeter high power sangat penting untuk memilih kualitas audio yang dihasilkan dari paduan nada low mid high, dengan Harapan tweeter tetap awet. Nah untuk mengurangi keruskan tweeter ditentukan pada pemilihan capasitor tweeter.

Cara menentukanya masih memakai sistem spesifikasi range frekuensi yang di tuturkan jenis tweeter.

Tweeter biasanya bekerja antara range 500hz hingga 20khz dengan bunyi vocal masih terdengar ini biasanya mempunyai oleh speaker berkualitas contohnya RCF.

Namun Jika kualitas twitter hanya standar hanya mempunyai range dari 1000 hz hingga 20khz akan sangat penting dalam memilih capasitor untuk membatasi range mid masuk ke tweeter. contohnya bunyi mid vocal yang biasanya range 500 hz padahal twitter yang kita gunakan tidak menjangkau range tersebut maka bila hingga masuk ke tweeter kemungkinan akan mengalami kerusakan. Oleh alasannya itu maka capasitor dikurangi. Begitu sebaliknya bila renge twitter terlalu tipis maka ukuran capasitor di tambah. Misalnya memakai capasitor 4,7 uf bunyi vocal masuk dengan keras kemungkinan akan menjadikan tweeter tidak awet. Maka dapat di kurangi menjadi 3,3 uf. dengan begitu bunyi renge yang tidak seharusnya dapat terpotong demi menghemat anggaran load speker tweeter yang boros. Ini tidak berlaku pada beberapa jenis speker yang berkualitas tinggi yang biasanya pribadi di suplay dari crossover pasif dari pembagian dalam box speaker.

Nah itulah citra fungsi capasitor pada load speaker tweeter. Semoga menjadi refrensi dikala kan memasang tweeter.


Advertisement

Iklan Sidebar