'/> Seperti Inilah Sekolah Dasar (Sd) Di Jepang -->

Info Populer 2022

Seperti Inilah Sekolah Dasar (Sd) Di Jepang

Seperti Inilah Sekolah Dasar (Sd) Di Jepang
Seperti Inilah Sekolah Dasar (Sd) Di Jepang
Suasana kelas dalam proses aktivitas berguru SD di Jepang Seperti Inilah SD (SD) di Jepang
Suasana kelas dalam proses aktivitas berguru SD di Jepang.
Jepang dikenal sebagai negara maju dengan produk teknologinya merajai dunia. Kemajuaan negeri sakura ini tidak lepas dari sistem pendidikan yang diterapkannya, khususnya untuk jenjang SD (SD). Meski termasuk negera maju dan populer ternyata Jepang mendidik bawah umur SD dengan cara tradisional dan sederhana.

Di mana anak akan sekolah ditentukan oleh pemerintah setempat. Prosesnya diawali dengan registrasi bawah umur yang lalu dipilihkan sekolahnya menurut daerah tinggalnya. Orang renta tidak diperbolehkan menentukan sendiri sekolah untuk anaknya. Di Jepang tidak ada sekolah berlabel 'favorit', semua sekolah mempunyai kualitas yang sama.

Suasana kelas dalam proses aktivitas berguru SD di Jepang Seperti Inilah SD (SD) di Jepang
Berangkat sekolah bersama dengan model tas dan topi yang sama
Anak-anak SD dan Sekolah Menengah Pertama Jepang wajib jalan kaki dan dihentikan membawa HP ke sekolah. Ketika Sekolah Menengan Atas mereka gres boleh naik Jitensa (sepeda). Merek berjalan ke sekolah dalam kelompok yang sudah ditentukan. Dengan menggunakan topi kuning mereka harus bahu-membahu dalam kelompoknya masing masing. Jika ada yang tidak masuk, ketua kelompok wajib melapor ke sekolah.

Anak-anak tidak perlu seragam untuk ke sekolah kecuali kalau pelajaran olah raga. Uniknya semua anak SD di Jepang menggunakan tas sekolah yang sama. Warnanya hitam atau biru bagi laki laki dan boleh warna-warni bagi perempuan. Tas ini sangat mahal, harganya sekitar Rp 3,5 juta tetapi bergaransi hingga 6 tahun. Makara sekali dipakai, hingga nanti lulus SD.

Suasana kelas dalam proses aktivitas berguru SD di Jepang Seperti Inilah SD (SD) di Jepang
Kegiatan memancing untuk berguru ilmu pengetahuan alam.
Jam berguru SD dimulai pukul 8 pagi dan berakhir jam 4 sore dengan materi pelajaran tidak banyak. Mata pelajaran di sekolah Jepang ialah Matematika, Bahasa Jepang, Seni, Olahraga, dan Life Skill. Sampai kelas 2, anak hanya diajar perkalian, pembagian, penambahan dan pengurangan. Materi ini diajarkan terus berulang-ulang hingga mereka benar-benar faham.

Pelajaran Bahasa Jepang mutlak diajarkan untuk seluruh anak. Untuk kelas 1 SD harus hafal dan dapat menulis 80 kanji. selanjutnya di kelas 2 harus hafal 150 kanji dan seterusnya. Untuk Olahraga juga sangat ditekankan. Sehingga pembibitan atlet olimpiade dimulai semenjak dini.

Anak diajak eksklusif ke alam untuk berguru IPA. Anak diajak ke kebun, diajak mancing ikan, dan dari aktivitas itulah ilmu pengetahuan dimasukkan. Saat liburan demam isu panas, semua anak diwajibkan menciptakan project berupa apapaun, dapat seni, percobaan atau yang lain. Di Jepang buku-buku panduan percobaan banyak ditemukan dan dijual dengan harga sangat murah.

Itulah citra SD di Jepang yang kutip dari goresan pena seorang pengguna Kaskus dengan username Karakteristik Sistem Pendidikan Finlandia yang merupakan negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia.
Advertisement

Iklan Sidebar