'/> Panduan Lengkap Cara Memperbaiki Tv Crt -->

Info Populer 2022

Panduan Lengkap Cara Memperbaiki Tv Crt

Panduan Lengkap Cara Memperbaiki Tv Crt
Panduan Lengkap Cara Memperbaiki Tv Crt
Cara memperbaiki tv - jenis kerusakan pada televisi macam-macam lantaran dan akhir sehingga dalam reparsi televisi harus mengenal istilah yang dipakai pada komponen dan mengenali tanda-tanda yang timbul akhir kerusakan. Selain itu, merek dan jenis yang berbeda akan beda komponen dan perbedaan sistem kerja. Sehingga perlu pemahaman teknik elektro dasar terutama reparasi tv. Jikalaupun tidak kenal sedikitpun mengenai elektronika, lebih baik memperbaiki kerusakan tv secara sederhana saja. Karena hal ini sangat berbahaya bagi anda yang belum sama sekali mengenal elektronika. Keselamatan anda adalh hal pertama yang harus diutamakan. Terlebih jikalau anda masih awam sekali ini sanggup mengakibatkan kerusakan tv malah tambah parah. Namun jikalau anda mau belajar, kerusakan lebih parah tidak masalah, malah menjadi pelajaran berharga untuk anda di lalu hari. 

Soldiradem blog mempersembahkan isi dari keseluruhan di dalam blog ini untuk membuatkan pengalaman. This is;

Cara memperbaiki tv

Anda dan semua orang sanggup memperbaiki tv jikalau mau mencar ilmu dengan kesungguhan. Apapun tekniknya jikalau menguasai dasarnya niscaya sanggup berkembang dengan sendirinya. Sulit memang jikalau kita menyampaikan ini sulit, namun akan gampang bila berkata mudah. Intinya kesungguhan yaitu yang pertama yang meski dipegang ketika akan memperbaiki televisi. 

Ada dua jenis tv yang berkembang ketika ini yaitu tv CRT dan TV LCD/LED. Kali ini kita akan membahas mengenai memperbaiki tv CRT. Berikut ini saya akan merangkum banyak kerusakan tv dan cara memperbaiki tv dari yang paling sederhana hingga yang paling rumit pada tv CRT/tabung.

1.       Tv terdapat flek pelangi pada layar

Hal ini sering dikaitkan pada kedekatan tv terhadap magnet. Akibatnya fosfor warna pada televisi tertarik pada satu titik yang berdekatan dengan magnet atau juga terdorong oleh radiasi magnet. Ini sering kali dialami oleh pengguna televisi yang meletekan speaker akrab dengan tv crt. Nah, terdapat flek pelangi namun tidak ada magnet didekatnya, apa yang mengakibatkan itu sanggup terjadi? Ini mungkin lebih mengarah pada teknik reparasi mesin tv sesungguhnya. Karena ini mengarah pada rangkaian penangkal medan magnet pada tabung crt atau sering disebut dgausing. Jika rangkaian dgausing ini mengalami kerusakan biasanya akan menjadikan layar terdapat banyak sekali flek pelangi meski tidak ada magnet speaker didekatnya. Perlu anda ketahui bahwa tabung layar tv crt jikalau tidak terlindungi oleh rangkaian dggausing akan terkena dampak dari magnet bumi. Atau magnet liar disekitaran televisi. Fugsi blok dgausing berfungsi sebagai penghilang efek magnet, lantaran ada beberapa kejadian yang menyampaikan bahwa ketika dihidupkan terdapat flek pelangi namun sesudah tv dinyalakan beberapa ketika flek tersebut hilang. Ini terjadi jikalau rangkaian dgausing normal. Jika ada keruskan pada penangkal ini flek tersebut tidak akan hilang selamanya selama rangkaian tersebut tidak diperbaiki. 

Untuk memperbaiki kerusakan ini Silahkan baca artikel cara memperbaiki tv laya pelangi

2.       Cara Memperbaiki tv hanya satu garis horizontal


 Gejalanya layar gelap hanya tersisa satu garis panjang pada tengah layar arah horisontal atau melintang. Pada merek polytron u-slim series sering diawali dengan tanda-tanda protek jikalau kerusakan ibarat ini terjadi. Pada jenis tv ada juga yang secara terang-terangan menunjukan tanda-tanda tanpa standby. Ini sering terjadi pada tv china dan sejenisnya. Memperbaiki tv dengan tanda-tanda ibarat ini gampang saja. Pertama soldering ulang dan mengganti semua elko pada blok vertikal ic. Jika tidak membuahkan hasil Silahkan lanjut baca artikel berikut ini.
Artikel terkait;


3.       Memperbaiki tv standby

Diantara kerusakan yang paling rumit yaitu tv mati standby tidak sanggup start. Hal ini disebabkan lantaran sistim standby pada masing-masing merek tv berbeda. Sehingga kita meski mempelajari sistem protek yang dipakai pada merek tertentu dengan cara Mengamati sekema rangkai pada blok standby atau mencari rujukan ibarat berikut ini.

Artikel terkait;


4.       Memperbaiki tv mati total

Tv mati total tidak ada reakasi apapun ketika tv dihidupkan. Pertama cek kabel pada perangkat tv apakah masih manis atau putus. Jika tv dinyalakan mcb rumah pribadi anjlok ini sudah menjurus ke cuilan power suplay atau sanggup jadi daya listrik dirumah anda mengalami kekurangan untuk menyalakan perangkat tv crt. Untuk mencar ilmu lebih lanjut mengenai cara memperbaiki tv mati total Silahkan baca artikel berikut ini;


5.        Cara memperbaiki tv hidup sebentar beberapa detik pribadi standby

Kerusakan ini juga disebut dengan kerusakan protek. Kerusakan tv dengan tanda-tanda protek terjadi pada beberpa merek tv keluaran anyar.  Memperbaiki tv dengan kerusakan protek bekerjsama gampang jikalau anda mempunyai pengetahuan mengenai komponen elektronik. Jika terjadi pada tv polytron anda tinggal mengganti elco 1 uf 50v pada blok ic vertikal tv. Namun jikalau tv protek terjadi pada tv sharp memang agak sedikit rumit. Sehingga anda harus searching mempelajari secara khusus.

6.       Cara memperbaiki tv hanya satu garis vertikal

Layar gelap hanya tersisa garis terperinci berada ditengah layar dari atas ke bawah. Perlu diketahui bahwa kerusakan ibarat ini biasanya disebabkan oleh blok cuilan horizontal tv. Makara jangan terbalik ketika memperbaiki tv dengan tanda-tanda ibarat ini. Jika garis vertikal berarti yang bermasalah cuilan horizontal namun ketika terjadi satu garis horisontal pada layar berarti ini terjadi kerusakan pada blok vertikal.  Ini penting untuk diketahui semoga tidak salah dalam memahami sebuah kerusakan televisi.
Bergaris vertikal pada bagia laya langkah menanganinya sbb;

Pertama cek defleksi yoke memakai ohm meter dalam keadaan netral tidak terhubung oleh tegangan dan juga terhubung dengan board utama tv. Untuk itu sebelum mengecek pada cuilan defleksi yoke lepas dulu kabel dari moboard.

Tanda bahwa defleksi yoke ini normal yaitu jikalau diukur memakai ohm meter 1x maka jarum akan bergerak penuh dan tersisa 1-3 ohm hambatan.
Jika sudah menginjak ke blok horizontal Silahkan lanjut baca ke artikel berikut ini;
Cara Servis tv satu garis vertikal


7.       Cara memperbaiki tv layar gelap/redup
Gejalanya layar gelap meski kecerahan sudah diatur maksimal. sebagian orang menduga bahwa ini kerusakan terjadi pada crt/tabung gambar. Namun jikalau belum mengecek secara niscaya ini tidaklah dibenarkan oleh teori. Teori dan pengalaman Berbicara bahwa layar redup pada tv crt sanggup saja disebabkan antra lain; flyback rusak, tegangan b+115volt drop, tegangan video180v drop, terjadi kemoloran pada resistor pembatas heater, abl tidak ada tegangan. lanjut baca cara mengatasi tv layar bunyi normal /


8.       Cara memperbaiki tv terdapat garis pada cuilan atas layar
Terdapat garis pada seperempat layar cuilan atas ini menunjukan bahwa ada kerusakan pada blok vertikal terutama pada komponen elko yang berfungsi sebagai pump up. Jika anda beruntung, akan terlihat cuilan blok vertikal terdapat elko yang mengembung atau pada cuilan kaki elko terdapat jamur. Secara niscaya untuk mengeceknya memakai tester elko atau ohm meter juga bisa. Mengecek memakai multi tester pada ohm meter hanya menunjukan bahwa elko tidak kering untuk nilai yang lebih akurat gunakan esr meter digital atau memakai uf meter.  

9.       Cara memperbaiki tv lg
Ada banyak kerusakan pada tv lg diantaranya;


10.   Cara memperbaiki tv polytron gelap hanya layar pelangi

Kerusakan pada tv polytron yang satu ini sering terjadi pada jenis polytron dengan tipe u-slim series. Kerusakan ini seringkali diawali dengan tanda-tanda protek dan teradang tidak. Jika protek pribadi menuju pada cuilan vertikal, ukur tegangang penyuplay ic vertikal +-12 volt dari output flyback menuju ic vertikal. Di jalur tersebut ada sebuah resitor pembatas berukuran 100 ohm, dioda penyearah dan elko ukuran100 uf 35 volt. Komponen tersebut sering mengakibatkan tv layar gelap hanya Nampak pelangi. Hal ini disebabkan oleh tegangan ic vertikal drop/daya kurang stand, sehingga ic vertikal tidak bekerja dengan baik. Untuk itu pengecekan pada jalur output flyback -12 dan +12volt harus diperiksa dicek secara lebih jeli. Jika tegangan tidak muncul pada kaki flybac namun flybac sudah bekerja berarti terjadi kerusakan pada flyback.


11.   Cara memeperbaiki tv transistor horizontal jebol terus

Ada satu kejadian ketika mengganti transistor horizontal pada tv crt pribadi jebol seketika tv dinyalakan. Bahkan hingga mengganti hingga beberapa kali dengan yang gres tetap saja masih terdapat kerusakan yang sama. Ternyata yang salah bukan transistor horizontalnya namun komponen yang berkaitan di sekitarnya. Berikut artikel yang membahas mengai hal ini. 



12.   Cara memperbaiki tv gambar blur

Gejala; gambar blur pada ketika pertama kali tv dihidupkan.
Penanganan ganti soket crt dan cek kabel focus dari flyback.baca lanjut.....

Kesimpulan;

Dalam memperbaiki tv kerusakan yang sama belum tentu penanganan yang sama, lantaran kerusakan yang terdapat di perangkat tv tidak pasti. Sehingga saya mengharapkan semoga ini hanya sebagai refrensi untuk cara memperbaiki tv. apa yang saya sampaikan dalam artikel ini merupakan pengalaman pribadi niscaya ada perbedaan dalam menyikapi suatu kerusakan dalam perbaikan tv. Untuk mendapat artikel wacana cara memperbaiki tv lebih lanjut silahkan jelajah di soldiradem blog, lantaran saya disini menuliskan banyak sekali keruskan tv beserta cara penangnan. Semoga anda mendapat apa yang anda cari. Terimakasih sudah berkunjug di blog ini.

Advertisement

Iklan Sidebar