'/> Merakit 4 Lnb Untuk Menangkap Satelit Telkom 3S Palapa D Asiasat 7 Asiasat 5 -->

Info Populer 2022

Merakit 4 Lnb Untuk Menangkap Satelit Telkom 3S Palapa D Asiasat 7 Asiasat 5

Merakit 4 Lnb Untuk Menangkap Satelit Telkom 3S Palapa D Asiasat 7 Asiasat 5
Merakit 4 Lnb Untuk Menangkap Satelit Telkom 3S Palapa D Asiasat 7 Asiasat 5
Merakit lnb 4 untuk menangkap satelit telkom 3s, palapa d, asiasat 7,asiasat5 - Sejak perubahan posisi satelit telkom 3s, kini bagi yang mempunyai parabola dengan memakai lnb 4 maka juga terjadi perubahan. 

Atau juga, bagi yang ingin memasang parabola dengan memakai 4 lnb maka posisi lnb berbeda dengan sebelum terjadi perubahan satelit. 

Jika dulu lnb yang menangkap telkom dan asisat 7 berhimpit, kini tidak demikian. Karena kini ini, posisi telkom berada di sebelah barat lnb palapa. atau tidak sejajar lagi dengan asiaasat 7. Sekarang asiasat 7 berdekatan dengan lnb palapa. Sehingga titik fokus otomatis juga bergeser.
Jika digambarkan posisi urutan lnb dari barat ke Timur, lnb 1 ditempati telkom 3s, lnb 2 ditempati satelit palapa, lnb3 ditempati satelit asiasat 7  ,dan lnb 4 ditempati satelit asisat5) 

Sebenarnya urutan masih sama namun terjadi perubahan pertukaran antara palapa dan telkom. Selain itu jarak lnb juga berubah. 

Berikut ini saya telah bereksperimen merakit lnb dengan memakai 4 lnb dan terbukti berhasil menangkap semua 4 satelit telkom 3s, palapa, asiasat 7 dan asiasat 5 dengan memakai dish ukuran 7:5fit. 

Untuk merakit dudukan lnb dikala ini lebih gampang dibanding dengan yang dulu. Karena kini untuk merakit dudukan hanya cukup menggandeng secara berhadapan, tanpa memotong dudukan lnb. Sedangkan tiang fokus di sejajarkan dengan lnb 3 atau ditengah juga bisa. Tergantung dish yang digunakan..

Dan yang tidak kalah penting ialah keempat lnb harus segaris lurus di sudut 0°. Agar polaritas dappat tertangkqp semua.

#Berikut foto lnb yang saya rakit,

 kini bagi yang mempunyai parabola dengan memakai lnb  Merakit 4 LNB untuk menangkap satelit TELKOM 3S PALAPA D ASIASAT 7 ASIASAT 5
hasil merait 4lnb



Yang menjadi pembeda ialah ,jarak palapa dan asiasat7 yaitu sekitar 10 cm yang lainya ukuran masih sama. Misalnya telkom dan palapa 3cm dan asia7-5 juga 3cm untuk parabola ukuran 7 ,5 fit.


#Cara lock sinyal tracking menggunakcara tracking parabola 4 lnb

Nah sesudah berbincang merakit 4 lnb kini kita menciptakan persiapan tracking sinyal.
Pertama yang harus dipersiapkan yaitu jadwal receiver. Karena kunci keberhasilan lock sinyal yaitu memogram receiver secara lebih teliti.

Perhatikan dan ingat pemasangan dseg pada lnb yaitu berurutan, lnb 1 pada posisi barat tempatkan konektor lnb 1 ke dseg 1 ,palapa dsrg 2, asiasat 7 (lnb3),asiasat 5(lnb4). Nah posisi tersebut harus diurutkan di jadwal pengaturan antena pada receiver. Jangan hingga salah urutanya bila tidak ingin dibikin pusing oleh sinyal tarik menarik.

Setelah itu kita tentukan transponder dari masing-masing satelit yang ingin di lock. Berikut ini yaitu frekuensi terbaru untuk lock sinyal:

Satelit telkom 3s
Menggunakan frekuensi
trans TV trans frq 3587 symbol rate 6000/H dan
*  trans7 trans freq 3547 symbol rate  6000/H
Satelit palapa memakai
mnc TV  trans freq 4184 simbol rate 8800 polaritas vertikal
dan sctv  trans freq 3835 ,symbol rate 7000 polaritas H
Asiasat 7 menggunakan
lotus tran freq 3760 symbol rate 26000 /H dan
Shara ncr trans freq 3653 mhz simbol rate 14100 ksps polaritas vertikal
Asiasat 5 memakai
dubai sport  trans freq symbol rate   /v

Menentukan frekuensi terbaru sangat penting lantaran hal ini berkhasiat bagi yang masih memakai receiver gres dan belum menscan ulang masih memakai frekuensi bawaan pabrik. Jika tracking demikian maka tidak akan sanggup menangkap sinyal apapun. Atau kita akan gagal tracking parabola 4 satelit.

Untuk penggeseran dish, pertama sinyal yang harus dilock pertama yaitu satelit palapa yaitu mnc media hal ini bertujuan untuk memperoleh arah lnb berada pada posisi 0° diarah barat dan Timur.
Kdua sesudah sanggup menangkap sinyal palapa kita beralih ke satelit telkom 3 s biasanya bila sinyal palapa terlalu tinggi telkom 3 s belum sanggup menangkap sinyal, oleh lantaran itu tracking seimbangkan antara kedua satelit dengan cara mencari sinyal trans TV,. Jika keduanya telah seimbang dan chanel trans 7 diatas 40% kini kita melangkah ke satelit asiasat7.

Bila beruntung , kita sanggup memperoleh sinyal asiasat secara eksklusif terhadap lock sinyal telkom dan palapa. Namun apabila belum sanggup sinyal sedikitpun pada satelit asia7 dan asia5 maka posisi lnb sedikit tidak match sehingga pointing belum sanggup menangkap keseluruhan. Untuk itu kita coba menggerakan payung secara acak, kearah Utara dan Selatan dan Timur dan barat tanpa mengendurkan baut. Jika salah satu gerakan sanggup menangkap sinyal sementara, maka kendurkan baut yang mengarah sinyal yang ada dikala di gerakan tadi.

Biasanya bila palapa dan telkom sudah sanggup sinyal Bagus, maka untuk menerima sinyal di asiasat 7 dan 5, berjarak sedikit sehingga kita harus berilmu membagi sinyal diantara ke empat satelit.
Jika kita tidak sanggup membagi sinyal atau terjadi tarik menarik sinyal antar satelit, yang harus dilakukan yaitu merubah jarak antar lnb yang saling tarik menarik sinyal. Apakah perlu direnggangkan atau di sempitkan. Hal ini berkaitan dengan jenis dish yang digunakan, contohnya dish cekung terlalu dalam dan dis cekung lebih datar atau ukuran dish. tentu hal tersebut memungkinkan untuk jarak antar lnb yang berbeda pula.

Demikian agar bermanfaat dan agar berhasil.

Advertisement

Iklan Sidebar