'/> Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mengganti Flyback Tv -->

Info Populer 2022

Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mengganti Flyback Tv

Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mengganti Flyback Tv
Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mengganti Flyback Tv

Sekedar peringatan sekaligus menjadi catatan penting dalam hidup saya selaku menjadi seorang teknisi elektronik terutama tv. Yaitu dikala mengganti flyback ternyata ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum benar-benar mengganti flyback.

1. Memastikan apakah flyback rusak atau komponen lainya

Benar saja, terkadang kita tergesa-gesa dikala akan mengganti sebuah komponen alasannya harapannya ialah ingin pekerjaan cepat selesai. Namun terkadang hal Ini justru menciptakan pekerjaan menjadi lebih lama, bila ternyata komponen yang kita ganti tersebut tidak rusak. Nah dengan begitu kita untuk kedepannya tergesa-gesa dalam mengambil keputusan tidaklah baik dalam mengganti komponen. Terutama flyback. Yang notabene tidak niscaya mengenai kerusakan sebuah flyback.

2. Memastikan tegangan dalam keadaan normal

Dalam beberapa merek televisi, flyback rusak dikarenakan output flyback yang bermasalah. Namun sebelum menyidik output flyback, pastikan bahwa tegangan input normal terlebih dahulu. Input atau sering disebut B+ harus dalam keadaan standar normal. Jika B+ melonjak melewati batas normal, tentu ini akan berakibat pada output flyback juga akan naik, begitu sebaliknya bila b+ drop niscaya akan memengaruhi output flyback. Makara sebelum memutuskan mengganti flyback hendaknya perhatikan tegangan input. Karena rusak dan tidaknya sebuah flyback juga dilihat dari segi output tegangan. Kecuali penggantian alasannya flyback bocor.

3. Jangan percaya pada flyback baru

Hal ini pernah saya alami dulu, ketika awal mengenal memperbaiki televisi. Ketika mengganti sebuah flyback, polos saja yaitu eksklusif menyalakan tv sehabis penggantian flyback selesai. Alhasil ada beberapa komponen yang mati akhir tegangan output flyback tidak normal. Meski flyback dalam keadaan baru. Ternyata dampaknya sangat fatal akhir flyback yang cacat. Heater tabung terputus.  Sehingga menjadi pukulan telak bagi diri saya sendiri. Setelah insiden tersebut saya mengambil kesimpulan bahwa dikala akan penggantian flyback ada beberapa yang harus diperhatikan. Yaitu memutus jalur heater , memutus jalur ABL, dan jangan dulu memasang transistor horizontal, dipastikan bahwa output sudah dalam keadaan normal gres lalu disambung sehabis dipastikan normal.

4. Mempelajari jalur kaki flyback

persamaan flyback tv polytron

Advertisement

Iklan Sidebar