'/> Cara Memperbaiki Solder Kurang Panas -->

Info Populer 2022

Cara Memperbaiki Solder Kurang Panas

Cara Memperbaiki Solder Kurang Panas
Cara Memperbaiki Solder Kurang Panas

Cara memperbaiki solder kurang panas - Beberapa kali kesempatan aku menerima pertanyaan mengenai solder yang aku gunakan. Solder kau kok matang dikala digunakan. Kenapa solder aku tidak sanggup dipakai untuk menyolder komponen. Hasilnya solderan kurang matang bahkan tidak menjangkau menempel pada pcb. Atau sering mereka bertanya bagaimana sih kok menyolder kabel tapi timah tidak menempel pada serabut kabel.

Ternyata sesudah aku lihat solder milik orang yang bertanya tersebut solder yang kualitas rendah. dijual di pasaran kisaran harga 15 ribuan. Pantas saja tidak sanggup nempel.

Apakah solder dengan harga yang murah jadinya sanggup bagus?

Bisa!

Saya dulu juga membeli solder dengan harga murah ternyata tidak sanggup untuk menyolder komponen. Dan aku tetapkan untuk memodifikasi solder terseubut. bagaimana caranya?

Saya hanya perlu mengganti mata solder dengan mata yang berkualitas seharga 20 ribu atau kalau ingin yang murah lagi sanggup memakai yang standar sekitar 10 ribu saja. Dengan mengganti mata solder bawaan solder murahan, kita sudah sanggup menyolder komponen dengan hasil yang matang sempurnA.

Jika anda seorang teknisi elektronik, aku sararankan semoga membeli solder yang berkualitas minimal harganya sekitaran 50 ke keatas.

Baca juga; teknik soldering dan desoldering

Bagi anda yang hanya membutuhkan solder untuk keperluan tertentu membeli yang standar aku sebutkan solder tembak misalnya. Itu sudah sanggup dipakai yang penting untuk menyolder tenol/timah sanggup menempel secara sempurna. Yang terpenting ujung mata solder bukan terbuat dari logam biasa. Melainkan memakai alumunium dan tembaga.

Cara memperbaiki solder mati tidak panas

Solder mati, biasanya terjadi alasannya ialah faktor penggunaan yang sudah cukup usang sehingga elemen pemanas mengalami penurunan kualitas. Sehingga kalau anda menginginkan ekonomis tidak usah membeli soder gres anda sanggup saja memperbaiki solder anda yang tidak panas.

Caranya;
 Beberapa kali kesempatan aku menerima pertanyaan mengenai solder yang aku gunakan Cara Memperbaiki Solder Kurang Panas

Dengan mengganti elemen solder.

Anda sanggup membeli elemen solder di toko elektronik terdekat. Harganya yang paling murah antara kisaran 3000-10 ribu rupiah. Saya sering memakai elemen dengan daya 40 watt.

Menurut aku standar/ atau Menurut body solder. Jika semula memakai solder berdaya 30watt ya elemen harus diganti dengan 30 watt. Bisa diganti elemen yang lebih panas contohnya 40 watt, namun terkadang body solder tidak cocok dengan elemen. Sehingga ketika dipasang tidak masuk pada body solder.

Demikian Semoga bermanfaat!!!
Advertisement

Iklan Sidebar